Rabu, 17 Januari 2024

Ansor Patebon Ngaji Kepemimpinan


 

Kendal, NU Online

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah mengadakan kegiatan Ngaji Kepemimpinan, Senin (23/7). Kegiatan bertempat di Masjid Hidayatullah, Desa Purwokerto, Kecamatan Patebon.

Dalam kesempatan ini Kiai Muhammad Adib Shofwan menyampaikan bahwa Allah swt telah memerintahkan kepada para hamba-Nya untuk menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya. Yang berhak artinya memiliki kemampuan dalam memimpin. Hal ini termaktub dalam surat Annisa ayat 58.

Ia juga menjelaskan nasbul imamah atau mekanisme pengangkatan pemimpin menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan kita. "Kriteria pemimpin yang baik adalah bertanggung jawab atau amanah, jujur atau siddiq, memiliki kemampuan dan etos berjuang untuk kemaslahatan, dan jika memungkinkan memiliki kemapanan ekonomi,” ungkap Kiai Adib.

Usai pemaparan dilakukan sesi tanya jawab yang berlangsung hangat, karena antusias peserta untuk menanyakan mengenai kepemimpinan khususnya terkait problematika kepemimpinan dalam pemilu mendatang. Menurut Kiai Adib kepemimpinan adalah sebuah kepercayaan yang sekaligus memiliki konsekuensi tanggung jawab berat. 

Akhmad Sodiq selaku Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Patebon berpesan agar nantinya kader Ansor dapat menggunakan hak pilih secara bijak dan bertanggungjawab. Sedangkan bagi kader yang maju dalam kontestasi Pemilu mendatang agar tetap mengedepankan akhlak dan jika terpilih mampu menjadi penggerak, motivator, dan inspirator keteladanan sebagai pemimpin yang berintegritas dan amanah.

Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Kendal, Misbahul Munir yang hadir pun mengingatkan agar kader-kader Ansor berhati-hati terhadap berita hoaks menjelang perhelatan Pemilu. Ia juga memotivasi kader Ansor agar belajar kepemimpinan melalui organisasi agar ketika menjadi pemimpin memiliki kecakapan dan kemampuan yang mumpuni serta tidak otoriter. (Muhammad Kridaanto/Kendi Setiawan)

Sumber: https://www.nu.or.id/amp/daerah/ansor-patebon-ngaji-kepemimpinan-N2dss
Tanggal Rilis: 07/2018

0 komentar :

Posting Komentar

Berikan komentar Anda untuk tulisan di atas...,