Rabu, 17 Januari 2024

Gandeng GKMNU, Kemenag Kendal Sosialisasikan Program Berkah Keuangan Keluarga



Patebon, pcnukendal.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kendal bekerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas) Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) Kabupaten Kendal mengadakan sosialisasi pengelolaan keuangan keluarga sakinah di Gedung Graha Aswaja MWC NU Patebon, Senin (13/11/2023).

Menurut Ketua Satgas GKMNU Kabupaten Kendal Misbahul Munir, kegiatan yang diikuti 50 peserta tersebut merupakan pelaksanaan program Berkah Keuangan Keluarga, salah satu dari tiga program GKMNU. Sedangkan 2 program lainnya adalah bimbingan perkawinan bagi calon pengantin, dan program bimbingan keluarga.

Gus Misbah mengatakan, program dari PBNU tersebut harus disukseskan dan akan dilaksanakan pada semua tingkatan sampai desa-desa di Kabupaten Kendal.

“PBNU hadir dengan Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) sebagai tanggung jawab bahwa NU turut serta membangun umat yang kuat secara individu baik dari sisi ekonomi, kesejahteraan hidup, pendidikan ataupun bidang lainnya,” tutur Gus Misbah.

Kegiatan dibuka Ketua Tanfidziyah PCNU Kendal Dr KH. Mukh Mustamsikin. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa tujuan membangun kemaslahatan bangsa dan negara harus dimulai dari kemaslahatan keluarga sebagai unsur institusi terkecil.

“Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) ini merupakan program prioritas NU untuk mewujudkan kemaslahatan keluarga Indonesia. Gerakan ini dilaksanakan dari tingkat pusat sampai anak ranting. Salah satu programnya melalui Berkah Keuangan Keluarga. Program ini terjalin atas dasar kerja sama yang dibangun antara Kementerian Agama dan NU,” terangnya.

Kiai Mustamsikin berharap kader GKMNU menjadi lebih mengerti cara mengelola keuangan dalam keluarga agar menjadi berkah dan efektif, sehingga tercapai tujuan membentuk keluarga mawaddah wa rahmah serta mewujudkan tujuan baiti jannati (keluarga bahagia bernuansa surga).

Pada kegiatan ini peserta dibekali cara mengelola keluarga sakinah oleh fasilitator dan pelatih dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal. Beberapa materi yang diberikan diantaranya adalah pengelolaan keuangan keluarga, financial check-up dan tujuan keuangan serta edukasi mengenai instrumen investasi dan resiko investasi.

Pada sesi terakhir, peserta juga diajak menyusun rencana keuangan keluarga secara efektif dan efisien. (Muhammad Kridaanto/muf)

Sumber: https://pcnukendal.com/informasi/id/20231115001/gandeng_gkmnu_kemenag_kendal_sosialisasikan_program_berkah_keuangan_keluarg
Tanggal Rilis: 11/2023 

0 komentar :

Posting Komentar

Berikan komentar Anda untuk tulisan di atas...,