Rabu, 17 Januari 2024

Lahirkan Jurnalis Baru, NUKO Akan Gelar Pelatihan Jurnalistik di Boja



Boja, pcnukendal.com - Nahdlatul Ulama Kendal Online (NUKO) akan menggelar pelatihan jurnalistik untuk wilayah Eks Kawedanan Boja (Singorojo, Boja, dan Limbangan). Rencana ini ditindak lanjuti dalam rapat koordinasi (Rakor) bersama MWC NU dan Badan Otonom NU ketiga wilayah tersebut, Jumat (14/07) di MA NU 04 Al Ma'arif Boja. 

Pada Rakor tersebut, Ketua NUKO, Moh Fatkhurahman mengenalkan Badan Khusus NUKO dan menjabarkan urgensi dakwah melalui media digital baik berupa tulisan, grafis, audio visual, maupun konten lainnya. 

“NUKO masuk mengisi ladang dakwah melalui udara dan memperkuat budaya literasi. Dengan memanfaatkan website, media sosial, dan kanal youtube yang sudah dimiliki, penyebaran informasi dan gagasan akan menembus sekat-sekat ruang dan sosial,” tutur Fatkhur. 

NUKO sendiri telah beberapa kali mengadakan pelatihan jurnalistik dan menjalin kemitraan  dengan beberapa MWC NU. Kali ini, NUKO akan menjalin kerja sama sebagai ajang pengkaderan jurnalis berita dan penulis di wilayah Singorojo, Boja dan Limbangan. 

“Nantinya peserta akan dibekali dengan tiga materi yaitu materi penulisan berita, materi penulisan berita, penulisan artikel, dan perkenalan Badan Khusus NUKO,” imbuhnya. 

Rencana NUKO tersebut disambut baik Ketua Tanfidziyah MWC NU Singorojo, Kiai Nas’udin. Ia mendukung penuh dan siap bersinergi untuk menyukseskan pelaksanaan pelatihan jurnalistik di wilayahnya. 

“Saya berharap pelatihan jurnalistik ini juga dapat memompa semangat khususnya generasi muda NU baik dari GP Ansor, Fatayat, maupun IPNU-IPPNU untuk menggali pengetahuan dan keterampilan bidang jurnalistik. Semoga acara ini berjalan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi semua,” harap Kiai Nas’udin. 

Pada Rakor yang dipimpin Kepala Bagian Pemberitaan dan Penulisan Artikel NUKO, Muhammad Adib Sofwan disepakati bahwa pelatihan jurnalistik akan dilaksanakan pada Ahad, 6 Agustus 2023 mendatang di MA NU 04 Al Ma'arif Boja. Rakor juga membentuk panitia kegiatan dengan Hadziq (GP Ansor Boja) sebagai ketua, M. Izza (IPNU Limbangan) sebagai wakil ketua, Anwar (GP Ansor Singorojo) sebagai sekretaris, dan Thoriq (MWC NU Singorojo) sebagai bendahara.

 “Nantinya panitia ini akan bertugas melengkapi susunan panitia dan melaksanakan koordinasi dengan MWC NU dan bertanggung jawab untuk mengatur persiapan dan kelancaran acara,” terang M. Adib Sofwan. 

Dirinya meminta setiap MWC NU mengirimkan 15 orang utusan sebagai peserta diambil dari perwakilan Banom. Dengan menggunakan konsep learning by doing, ia berharap peserta dapat membawa ponsel pintar atau laptop untuk menunjang kegiatan praktik. Peserta juga dapat mengirimkan tulisan yang pernah dibuat. 

Kontributor: Muhammad Kridaanto/Eva Na’imatul 

Editor : Mufti


Sumber : https://pcnukendal.com/informasi/id/20262/lahirkan-jurnalis-baru-nuko-akan-gelar-pelatihan-jurnalistik-di-boja
Tanggal Rilis : 07/2023

0 komentar :

Posting Komentar

Berikan komentar Anda untuk tulisan di atas...,