Rabu, 17 Januari 2024

Diselenggarakan di Kendal, Porseni Madrasah Ibtidaiyah Tingkat Provinsi Jawa Tengah Dibuka Wakil Bupati



Kendal, pcnukendal.com - Tak kurang 2.340 peserta dari 35 kabupaten/kota mengikuti pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2023 di Alun-Alun Kota Kendal, Jumat (03/11/2023) sore.

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki. Dalam sambutannya, Wabup mengungkapkan kegiatan itu akan menjadi sejarah yang baik karena sempat tidak digelar sejak tahun 2012.

“Porseni ini menjadi kegiatan positif yang strategis untuk mempererat silaturrahim dan kebersamaan antara peserta didik, guru, kepala madrasah, dan petugas official. Jadikan kegiatan ini sebagai ajang pembinaan, pembelajaran dan berbagi pengalaman berharga bagi semua peserta dalam menunjukkan kemampuan dan bakat di bidang olahraga dan seni,” pesan Wabup.

Dirinya berharap akan muncul atlet-atlet baru dari kompetisi Porseni. Diharapkan pula kegiatan itu bisa menjadi ajang kaderisasi calon pemimpin masa depan.

Pembukaan menampilkan Tari Kolosal Minapolitan yang dibawakan oleh 1.180 pelajar dari MI se-Kabupaten Kendal dengan 38 guru pendamping. Ditampilkan pula Kentongan Banyumasan, tarian tradisional, dilanjutkan parade kontingen.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal atas kesediaan menjadi tuan rumah dan fasilitas yang telah dipersiapkan. Disampaikannya bahwa madrasah telah berhasil melewati fase hebat bermartabat dan sekarang masuk pada etape mandiri berprestasi.

“Madrasah dapat menjawab tantangan masa depan di bidang keilmuan melalui sinergi kebersamaan antara pemerintah, ormas, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Sedangkan dari aspek spiritualitas, madrasah bukan sekadar mendidik mengenai kecerdasan intelektual, tetapi juga menumbuhkan kecerdasan kerohanian,” tutur H. Musta’in.

“Kegiatan Porseni ini dapat menjadi ajang silaturahmi, tempat berlomba dalam kebaikan, dan mengasah prestasi masing-masing,” pungkasnya.

Porseni akan dilaksanakan selama 3 hari, Jumat sampai Ahad, 3-5 November 2023. Lomba yang dipertandingkan meliputi bidang seni mencakup rebana, pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Arab, dan Tahfidz Juz 30 dan cabang olahraga terdiri dari lomba bidang atletik, bola voli, tenis meja, dan bulu tangkis.

Adapun lokasi lomba olahraga dilaksanakan di Stadion Utama Kebondalem, GOR Bahurekso, dan Lantai 2 Gedung PUPR. Sedangkan lomba seni rebana digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal, pidato di Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal, dan lomba tahfidz di Gedung Wanita. (Muhammad Kridaanto/muf)

Sumber: https://pcnukendal.com/informasi/id/20231105001/diselenggarakan_di_kendal_porseni_madrasah_ibtidaiyah_tingkat_provinsi_jawa_tengah_dibuka_wakil_bupati
Tanggal Rilis: 11/2023 

0 komentar :

Posting Komentar

Berikan komentar Anda untuk tulisan di atas...,