Rabu, 17 Januari 2024

MWC NU Patebon Gelar Pengajian Umum Peringati Hari Santri



Patebon, pcnukendal.com - Ratusan nahdliyin mulai dari pengurus NU, Muslimat, Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU, santri pondok pesantren, dan unit-unit bidang pendidikan dan amaliyah Nahdlatul Ulama Kecamatan Patebon menghadiri tahlil akbar, istighosah, dan pengajian umum dalam rangka memperingati Hari Santri Tahun 2023 di Gedung MWC NU Patebon, Ahad (29/10/2023).

Pengajian umum menghadirkan mubaligh asal Desa Sendangkulon, Kecamatan Kangkung KH. Ahmad Yusro Mubarok. Dalam mauidhoh hasanahnya, Kiai Yusro menyampaikan keberuntungan menjadi warga nahdliyin dan terhimpun dalam jamiyah Nahdlatul Ulama.

“Sebenarnya bukan NU yang butuh kita, tetapi kitalah yang butuh NU. Karena ketika kita ber-NU, artinya kita mengikuti sanad keilmuan melalui para guru dan ulama yang terhubung kepada Rasulullah SAW tanpa putus. Maka kita bersyukur dapat ndherek para kiai di NU,” terang Ketua LDNU Kabupaten Kendal itu.

Kiai Yusro mengutip maqalah KH. Mustofa Bisri (Gus Mus) mengenai definisi dan makna santri. Dikatakannya, santri adalah murid kiai yang dididik dengan kasih sayang. Santri adalah kelompok yang mencintai bangsa dan negaranya, sekaligus menghormati guru dan orang tuanya kendati keduanya telah tiada.

“Lalu, seorang santri adalah kelompok orang yang memiliki dan menyebarkan kasih sayang pada sesama manusia dan pandai bersyukur. Dan, santri adalah yang mencintai ilmu dan tidak pernah berhenti belajar,” papar Kiai Yusro.

Disampaikannya pula, kunci keberhasilan seorang santri. Yakni melalui riyadhoh dan rasa kasih sayang untuk saling asah, asih, dan asuh.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah MWC NU Patebon, Kiai Masturi dalam sambutannya mengungkapkan, selain sebagai sarana silaturahmi, kegiatan itu juga sekaligus dalam rangka menghimpun dana untuk menunjang kekurangan biaya pembangunan gedung MWC NU Patebon.

“Pembangunan gedung MWC NU Patebon hampir selesai. Tinggal mengerjakan jendela di lantai dua dan pembuatan ruang bagi NU dan Banom. Untuk lantai tiga, nantinya dapat digunakan sebagai sentra kegiatan keolahragaan seperti pencak silat Pagar Nusa maupun lapangan bulu tangkis dan lainnya,” ungkap Kiai Masturi. (Muhammad Kridaanto/muf)

Sumber: https://pcnukendal.com/informasi/id/20231030003/mwc_nu_patebon_gelar_pengajian_umum_peringati_hari_santri
Tanggal Rilis : 10/2023

0 komentar :

Posting Komentar

Berikan komentar Anda untuk tulisan di atas...,