Rabu, 17 Januari 2024

Siapkan Kader Inti, Ansor Patebon Bakal Gelar Diklatsar Banser Desember Mendatang



Patebon, pcnukendal.com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Patebon berencana akan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser XXI selama 3 hari. Yakni pada tanggal 1 hingga 3 Desember 2023 mendatang di MDT Ula NU 04 Al Mubtadiin, Desa Margosari, Kecamatan Patebon.

Rencana itu disampaikan Ketua panitia Nasarudin kepada NU Kendal Online, Kamis (2/11/2023). Dirinya menyampaikan Diklatsar merupakan jenjang pengkaderan awal bagi calon anggota Banser.

“Dengan kata lain, Diklatsar dimaknai sebagai orientasi formal calon anggota Banser. Anggota Banser harus mengikuti Diklatsar karena Banser merupakan salah satu kader inti Ansor yang berfungsi sebagai penggerak, pengemban, dan pengaman program-program Ansor,” tutur Nasarudin.

Sebelum menjadi kader inti Ansor, kata Nasarudin, perlu ditunjang dengan pendalaman akidah Aswaja, keorganisasian NU, ke-Ansor-an dan ke-Banser-an, bela negara, kebangsaan, dan kebhinnekaan. Selain itu diperlukan pula pendalaman kedisiplinan dan penanaman loyalitas kepada organisasi.

“Hal itulah yang melatarbelakangi Diklatsar dengan tema Mencetak Kader yang Ikhlas dan Beradab dalam Berkhidmah ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Patebon Adip Solikhin mengungkapkan bahwa panitia sudah mengadakan beberapa kali rapat guna mempersiapkan kegiatan tersebut. Dirinya yakin dengan persiapan yang baik maka tujuan dan pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Kaderisasi Ansor memiliki maksud untuk membentuk kader-kader unggul, kuat dalam akidah ke-Aswaja-an dan tangkas dalam tindakan. Dengan kaderisasi yang berjalan secara kontinu, keberlangsungan organisasi akan berjalan dengan baik dan sehat,” ungkap Adip.

Untuk itu, dirinya mengajak para pemuda untuk menyalurkan kemampuan, keterampilan, dan potensi yang dimiliki melalui Ansor. Para pemuda dengan berbagai latar belakang dapat mengikuti Diklatsar untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan diri, organisasi dan masyarakat.

Bagi kader yang berminat mendaftar atau mendapatkan informasi terkait Diklatsar, dapat menghubungi Ketua Panitia 0895-2410-6033 (Nasarudin/Ndan Ayik) dan 0821-8088-8799 (Ndan Aris). (Muhammad Kridaanto/muf)

Sumber:  https://pcnukendal.com/informasi/id/20231102001/siapkan_kader_inti_ansor_patebon_bakal_gelar_diklatsar_banser_desember_mendatang
Tanggal Rilis : 11/2023

0 komentar :

Posting Komentar

Berikan komentar Anda untuk tulisan di atas...,