Rabu, 17 Januari 2024

Gelar Diklatsar, Ansor Patebon Jadikan Banser Sarana Khidmah pada NU



Patebon, pcnukendal.com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Patebon menggelar Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) XXI di MDT Ula NU 04 Al Mubtadiin Desa Margosari, Kecamatan Patebon, Jumat-Ahad (1-3/12/2023).

Kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan pada Jumat (1/12/2023) sore di Lapangan Desa Margosari. Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Kendal, Misbahul Munir bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, Gus Misbah menjelaskan bahwa Diklatsar merupakan proses pengkaderan kader Ansor untuk menjadi Banser.

“Dengan proses penggemblengan baik di dalam kelas maupun lapangan akan lebih menguatkan kader Banser dalam hal keilmuan, kedisiplinan, dan loyalitas kepada organisasi,” tuturnya.

“Di tengah pandangan hidup yang serba materialistik, panitia memunculkan dan menguatkan kembali frasa Kader yang Ikhlas dan Beradab. Di sinilah para peserta akan ditempa menjadi kader Banser yang memang sudah teruji atas komitmen dan khidmah menjadi garda terdepan dalam melindungi ulama Nahdlatul Ulama serta konsisten menjaga NKRI,” lanjutnya.

Kegiatan diikuti 79 kader Ansor Kecamatan Patebon. Selama 3 hari, peserta dibekali materi, diantaranya pendalaman akidah Aswaja An-Nahdliyah, keorganisasian Ansor, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Tata Upacara Bendera (TUB), ke-Banser-an, pengamanan lalu lintas, wawasan kebangsaan, kepemimpinan, dan bela diri.

Ketua PAC GP Ansor Patebon, Adip Solihin mengungkapkan, sebagai organisasi semi otonom Ansor, Banser mengemban tugas yang sangat mulia. Oleh sebab itu, kaderisasi secara kontinu dan berkualitas harus dilakukan sebagai upaya menjaga regenerasi Ansor dan Banser.

“Mari kita bangkitkan semangat berkhidmah di NU. Dengan bergabung menjadi kader Banser, sahabat-sahabat sudah mengawali perjuangan di NU sebagai garda terdepan," ajaknya.

Senada dengan Adip, Ketua panitia kegiatan, Nasarudin berharap dengan prinsip khidmah kepada Nahdlatul Ulama dan jiwa korsa, Banser siap menjadi kader yang tidak keder dalam mengawal dan membela NKRI, Pancasila, dan ajaran Aswaja an-nahdliyah serta setia pada garis organisasi.

Pembukaan Diklatsar juga dimeriahkan pertunjukan seni bela diri dari Pagar Nusa. Tampak hadir, Ketua Tanfidziyah dan Rois Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Patebon, perwakilan Forkopimcam, dan Kepala Desa Margosari. (Muhammad Kridaanto/muf)

Sumber: https://pcnukendal.com/informasi/id/20231203001/gelar_diklatsar_ansor_patebon_jadikan_banser_sarana_khidmah_pada_nu
Tanggal Rilis: 12/2023 

0 komentar :

Posting Komentar

Berikan komentar Anda untuk tulisan di atas...,